Thank's For

Portal Belum Jamin Keamanan (Universitas Tanjungpura Pontianak))





Demi meningkatkan keamanan di lingkungan Universitas Tanjungpura, Pihak Untan melakukan pemasangan portal pada setiap jalur masuk kampus. Dengan dilakukannya pemasangan portal ini, di harapkan dapat meningkatkan keamanan dari gangguan yang bisa mengganggu proses perkuliahan di lingkungan Untan sehingga proses perkuliahan dapat berjalan dengan lancar.
Namun, pemasangan portal di lingkungan kampus Untan ini menuai pro dan kontra dari berbagai pihak terutama kalangan civitas akademisi. Portal dinilai belum sepenuhnya efektif oleh kalangan mahasiswa. Hal ini dikarenakan tidak adanya penjagaan disetiap titik portal. “Seharusnya ada pos penjagaan di setiap titik portal untuk menjaga keamanan.” ungkap NN mahasiswa tehnik.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Yoga Mandala mahasiswa FKIP, menurutnya harus ada satpam yang jaga disetiap portal agar bisa memantau keamanan secara langsung.

Menanggapi hal diatas Satpam kampus Untan Dian Krisna turut angkat bicara, beliau menegaskan bahwa pemasangan portal sebenarnya sudah efektif “Ketidakefektifan itu karena mahasiswanya, Sesuai ketentuan yang diberikan kepada kami tutup jam 22.30 dan di buka jam 06.00 tapi mahasiswa yang kuliah malam biasanya pulang 23.00 atau 24.00 jadi kami menutup pintu pukul 23.00 atau 23.30”, ungkap Dian.

Petugas keamanan sendiri berjumlah 18 belas orang setiap regunya ada 5 atau 6 orang, setiap malamnya petugas keamanan berkeliling untuk memantau langsung lingkungan kampus dan setiap titik portal. Ditanya mengenai adakah keluhan dari warga sekitar yang sering menggunakan akses jalan melewati kampus untan, beliau mengungkapkan bahwa “untuk saat ini belum ada keluhan dari warga sekitar lagi pula sudah ada pemberitahuan pada RT setempat dan setiap kampusnya mengenai pemasangan portal.” Ungkap Dian Krisna Satpam Untan.

Menyinggung soal keamanan beliau juga mengungkapkan “sejauh ini sudah sedikit aman dengan adanya portal keluar masuknya berkurang jadi orang luar susah masuk dan hanya mahasiswa yang mudah masuk.” Tambah Dian Krisna lagi. Hal ini berbeda jauh dengan ungkapan Sanusi, ketua RT 04 RW 07 Kelurahan Pasir Laut sepakat 2. “Waktu itu memang pernah ada satpam yang patroli menyampaikan bahwa akan ada pemberitahuan pada masyarakat sekitar mengenai pemasangan portal ini.” Katanya.

Sampai saat ini pihak Untan belum memaksimalkan pemberitahuan kepada masyarakat sekitar. Masyarakat menerima dengan adanya portal. Namun, dari kalangan mahasiswa yang tinggal di dekat kampus. “Kami tidak keberatan dengan adanya portal ini, namun mahasiswa yang tinggal di sekitar sini mungkin keberatan karena mereka yang sering menggunakan akses jalan ini”, tambah Sanusi selaku RT setempat.

Prof. Dr. Ab. Tangdililing, MA. Pembantu Rektor 4 angkat bicara mengenai pemasangan portal ini “Fungsi portal itu sebenarnya untuk penertiban dan keamanan, umpamanya malam hari, ada jalur-jalur tertentu yang harus diportal untuk menjaga keamanan kampus.” ungkapnya.

Beliau juga mengungkapnya bahwa dengan pemasangan portal ini juga berfungsi untuk menghindari orang-orang yang masuk ke lingkungan kampus tanpa kepentingan. Tapi menurutnya setiap titik portal idealnya harus ada pos penjagaan tapi karena dua hal, keterbatasan dana dan personil maka untuk saat ini portal belum ada posnya. Tapi kedepannya itu akan di pikirkan lagi untuk memasang pos penjagaan di setiap titik portal.(Miun Gusti dan Miun Dodi)

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Siiiiippppppppppppp????

Anonim mengatakan...

Perlu Tinjauan kembali tu.....

Hamparan Kata mengatakan...

kok, gak bangun pos beserta merekrut personil nya aj dulu bru portal nya? kalau alasan terkendala dana... kalau gini kan ngebuang dana sia2... gak ada fungsi nya portal itu...

Anonim mengatakan...

Ye....betul tu....yang di pasangin portal cuman kawasan dari teknik ampe kedokteran...tapi dari audit ampe magister hukum nggak...malah disana yang banyak kecurian n malah bekas tempat pembunuhan....

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan