Thank's For

Mengenal UKM di Lingkungan Universitas Tanjungpura


Oleh : Jumardi Budiman

Unit Kegiatan Mahasisiwa (UKM) dan organisasi mahasiswa merupakan tempat penyalur minat dan bakat, dapat dikatakan sebagai “Kampus Tanpa Kelas”, karena banyak ilmu, terutama ilmu terapan yang dapat dipelajari bila menjadi anggotanya. Tidak sedikit sarjana memperoleh pekerjaan berdasarkan ilmu yang didapatnya ketika menjadi anggota sebuah organisasi mahasiswa, yang tidak berhubungan dengan bidang ilmu yang ia pelajari di bangku kuliah. Berikut adalah UKM dan oraganiasasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Tanjungpura. yang juga beralamat di Jl. M. Isja Komp. PKM Untan



Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Pada awalnya BEM dikenal dengan Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT), 28 Maret 1999 berubah nama menjadi BEM. Berada di bawah naungan rektorat, dan setingkat UKM, berfungsi sebagai pemerintahan mahasiswa Untan yang tugas dan wewenangnya hampir sama dengan badan eksekutif pemerintah RI, hanya saja yang menjadi rakyatnya ialah mahasiswa Untan yang ketuanya disebut dengan Presiden mahasiswa ( Presma) dibantu wakil dan para menteri. Jenis kegiatan BEM antara lain mengakomodasi minat dan bakat mahasiswa, penalaran ilmiah, advokasi, seminar dan sebagainya sesuai dengan progaram kerja. Saat ini BEM Untan diketuai oleh.Wahdi Kuspian, mahasiswa Fakultas Ekonomi.



Lingkar Ilmiah Studi Mahasiswa ( Lisma )

Organisasi ini cocok bagi mahasiswa yang suka dengan dunia tulis menulis. Teknik penulisan karya ilmiyah ini akan didapati di organisasi ini. Membangun anggotanya dengan kecerdasan : IQ, EQ, SQ & FQ dan akan dibimbing menjadi mahasiswa yang memiliki pengalaman dalam penulisan karya ilmiah agar dapat membuat karya tulis yang baik. Organisasi yang diketuai oleh Marwan ini memiliki beberapa kegiatan tahunan seperti Presentasi Rutin Karya Tulis, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) se–Untan & se–Kalbar, dengan beberapa diklat seperti diklat dasar anggota baru Lisma Untan, diklat metodologi penelitian dan penulisan ilmiah, dan diklat penulisan ilmiah populer SMP dan SMA se-Kalbar. Sekretariat Lisma beralamat di Jalan Daya Nasional, Komplek gedung MKDU Untan.


Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Untan

Bagi kamu yang suka berpetualang dan melakukan perjalanan, pasti kamu akan tertarik bergabung dengan organisasi ini. Berdiri pada 28 Oktober 1982, dengan visi dan misi pelestarian alam dan lingkungan hidup (LH), serta pengadian kepada masyarakat. Selain berpetualang, disini juga bisa mengembangkan kecintaan terhadap alam dan LH secara sistematis organisasi yang diketuai oleh Barry ini memiliki agenda tahunan seperti Pendidikan LH, Bina Desa Mapala, dan Ekspedisi Wajib.


Racana Karang Tanjung Junjung Buih Untan

Bagi kamu yang aktif atau tertarik dengan kegiatan kepramukaan, torganisasi ini cocok untuk kamu. Organisasi yang berdiri pada tanggal 13 Desember 1981 ini berlatar belakang usaha pembinaan dan pengembangan kepramukaan, bertujuan untuk pengembangan potensi pribadi mandiri yang siap membantu sesama, bertanggung jawab dan berkomitmen. Agenda tahunannya seperti Sang Prabu, Kemah Kerja Bakti Pramuka, dan Tanjungpura Scoutmenship Camp, diharapkan dapat menunjang misi pramuka dalam membentuk anggota yang berjiwa dan berwatak pramuka yang berlandaskan iman dan takwa serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Saat ini organisasi ini diketuai oleh Halid, mahasiswa FKIP jurusan PGSD.


Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Untan

Organisasi kerohanian ini berdiri pada tanggal 1 Juli 1990. Bertujuan sebagai wadah pengembangan kreativitas dan potensi mahasiswa katolik serta menghimpun organisasi mahasiswa katolik di lingkungan Untan. Dibawah kepemimpinan Alias Jamil, organisasi ini mengadakan kegiatan setiap tahunnya seperti yaitu Orientasi Kegiatan Pembinaan (Orkabina), Latihan Kepemimpinan KMK, Kemah Bakti Sosial Mahasiswa Katolik (Kebasisto), Dies Natalis, serta Natal dan Paskah Oikumene. Selain KMK, organisasi keagamaan yang ada di Untan antara lain ; Badan Kerohanian Mahasiswa Untan (BKMI) yang dikhususkan bagi mahasiswa yang beragama islam dan membawahi Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang ada di setiap Fakultas dan Persekutuan Mahasiswa Kristen (PKM) dengan sekretariat di GOR Untan.

Korps Suka Rela (KSR) PMI Unit Untan

UKM ini dibentuk untuk menyalurkan minat mahasisiwa aktif dalam kegiatan kemanusiaan, setiap anggota akan mendapat pelatihan kepalang merahan dan kesehatan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Organisasi yang diketuai oleh Junita ini memiliki 3 bidang kegiatan yakni Pertolongan pertama (PP), perawatan keluarga (PK), serta search and rescue (SAR) sesuai dengan tujuh prinsip dasar kepalangmerahan kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan. Rutinitas tahunan KSR ialah mengadakan serangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Dan Kepalangmerahan Sedunia (HKPMS), pelatihan dan pendidikan dasar (diksar), berbagai pelatihan kepalangmerahan. Selain melaksanakan kegiatan di atas, UKM ini juga memiliki beberapa sekolah binaan baik SMP maupun SMA yang meminta anggota KSR menjadi pelatih kegiatan PMR di sekolah mereka.


Resimen Mahasisiwa ( Menwa) Satuan 06 Untan.

Organisasi ini merupakan satu-satunya unit kegiatan mahasiswa yang menerapkan sistem pendidikan dan pelatihan semi militer. Organisasi ini lebih menitik beratkan pada pembentukan kedisplinan dan belajar memanajemen diri. Peran Menwa adalah membantu menjaga ketertiban dan ketentraman lingkungan kampus Untan. Organisasi yang dikomandani oleh Tusiman ini terbentuk pada tanggal 30 Juli 1964 dengan salah satu tujuannya sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dalam olah keprajuritan. Jumlah anggota Menwa saat ini sebanyak 35 orang.

Adapun kegiatan tahunan Menwa Untan antara lain, Pradiksar, Pendidikan Dasar, Kursus Kader pelaksana, Kursus Kader Pemimpin serta berbagai kegiatan pelatihan yang kesemuanya didasarkan pada visi Menwa, yakni meneruskan tradisi TRIP (Tentara Republik Indonesia Pelajar), TP (Tentara Pelajar), CM (Corp Mahasiswa) yang ujud aktulasasi kesadaran bela negara dan telah teruji dalam pembelaan negara di era revolusi kemerdekaan Negara Republik Indonesia.


Koperasi mahasiswa ( Kopma ) Untan

Sesuai namanya, UKM ini lebih menekankan pada kegiatan perkoperasian sekaligus sebagai tempat untuk belajar berwirausaha.Unit kegiatan yang beralamat di Jalan M.Isja ini juga menyediakan tempat pelayanan mahasiswa, seperti ; tempat fotocopy, warnet dan wartel. Secara rutin, Kopma mengadakan kegiatan pelatihan koperasi bagi mahasiswa dan pelajar setiap tahunnya.


Persatuan Olahraga Beladiri Untan ( POBU )

Organisasi ini dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin belajar dan berlatih olahraga beladiri seperti karate, tae won dwo, boxing, kempo dan olahraga beladiri lainnya. Pelatih POBU didatangkan dari dalam dan luar lingkungan kampus Untan yang sebagian besar merupakan atlet beladiri. Selain mahasiswa Untan, UKM yang melatih kekuatan fisik dan mental ini juga menerima anggota dari kalangan pelajar. Anggota POBU biasanya berlatih di aula UKM Untan yang letaknya di depan sekretariat POBU dan masih dalam kawasan komplek UKM Untan. Saat ini diketuai oleh Maryadi.


Peduli Lingkungan Hidup Hijau Bersih. ( Hiber)

UKM yang baru berdiri pada tanggal 8 Oktober 2008 dibentuk untuk membantu upaya-upaya peningkatan kualitas Lingkungan Hidup (LH) dengan misi mengajak masyarakat dan mahasiswa melaksanakan pola hidup ramah lingkungan, khususnya anggota UKM Hiber. Kegiatan Hiber Untan berdasarkan program kerja pengurus periode 2008-2009, antara lain rekrutmen dan pelatihan dasar anggota baru, peningkatan sarana informasi (mading, internet, kliping), evaluasi perubahan sikap, edukasi internal, dan event lingkungan ( Green Mission 2009 ). Organisasi yang diketuai oleh Beny Thanheri ini telah memiliki 20 orang dan 17 anggota komunitas yang keanggotaannya berasal dari masyarakat non mahasiswa Untan.


Selain UKM yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa Unit kegiatan lain yang dengan jenis kegiatan yang berbeda seperti UKM seni mahasiwa Untan dan Lembaga Pers Mahasiswa Untan yang bergerak dalam bidang jurnalistik.

Akhirnya,kami hanya dapat berharap semoga informasi tentang UKM yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi mahasiswa baru dalam menentukan pilihan berorganisasi yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing sehingga dapat mengembangkan potensi demi mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hidup Mahasiswa !!!.





























2 komentar:

wahyudi mengatakan...

berpetualang kemana saja yg mengikuti extra pecinta alam

Romli mengatakan...

Luar biasa, bener banget, makasih ya

Bagi yang memiliki online shop dan ingin membuat website toko online lengkap, desain menarik, gratis penyebaran, SEO, Backlink, agar usaha nya mudah ditemukan banyak pembeli di internet, sehingga bisa meningkatkan penjualan, klik ya : www.jasabuattokoonline.com

Pusat Penjualan Hijab Jilbab Kerudung Terbaru harga termurah di Indonsia, Bisa Klik : www.jilbabterbaru.my.id

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan