Thank's For

PMB Universitas Tanjungpura Berbasis Pendidikan Karakter


PMB Berbasis Pendidikan Karakter

Oleh: sam’an

            Pontianak, sejak pukul 06.00 pagi ribuan mahasiswa baru memeadati halaman gedung rektorat Untan untuk mengikuti upara pembukaan penyambutan mahasiswa baru (PMB). Dengan dipandu panitia serta senior dari masing-masing fakultas, mereka terlihat kompak dengan mengenakan seragam putih-hitam lengkap dengan  atribut wajib lainnya. Tepat pukul 07.00 pagi pemimpin upaca memasuki lapangan upara, dan lansung menyiapkan barisan tanda upacara dimulai. selang beberapa menit kemudian masuklah bapak Thamrin Usman DEA selaku rektor  Universitas Tanjungpura yang bertugas sebagai pembina upacara (13/09).
Dalam sambutannya rektor Untan menegaskan “acara penyambutan mahasiswa baru ini adalah ajang bagi maba umtuk mengenali lingkungan kampus dan mekanisme perkuliahan yang sangat jauh berbeda dibaningkan dengan waktui mereka masih SMA”. beliau juga berpesan kepada setiap panitia untuk tidak melakukan kekerasan kepada maba. “berikanlah bimbingan yang berbasis kekeluargaan dan ciptakanlah hubungan yang harmonis, sayangi dan jagalah mereka”, ujarnya.
            “Ilmu yang baik adalah ilmu yang bermamfaat bagi orang lain bukannya membuat orang yang berada di sekitar kita merasa resah dan terancam. oleh karena itu harus diimbangi oleh iman dan takwa. Ilmu yang di dapat di bangku kuliah harus di barengi oleh Karekter yang baik dan diiringi dengan ahlak yang mulia agar ilmu dan pengetahuan tersebut tidak disalahgunakan. Namun gunakanlah ilmu tersebut untuk membangun bangsa dan Negara”. Ujar Thamrin Usman pada sambutannya.
            Para dekan dan staf pengajar lainnya juga tidak bisa lepas dalam membentuk generasi penerus bangsa  yang tangguh, gigih dan dapat diandalkan, oleh karena itu rektor  berpesan kepada para pendidik supaya memberikan ilmu yang  berbasis karakter dengan mengusung semangat kekeluargaan antar sesama  dan diharapkan dalam empat tahun ke depan mereka, maba sudah bisa mengabdikan segala ilmu dan pengetahuannya kepada lingkungan, bangsa dan Negara ini.
            Pembukaan acara penyambutan mahasiswa baru tahun ajaran 2011/2012 di tandai dengan pemasangan jaket almamater secara simboluis  kepada dua 0rang mahasiswa baru yang mewakili seluruh teman-temannya. dan disusul dengan pelepasan balon ke udara oleh rektor, staf dekan beserta perwakilan mahasiswa..
            Tepat pukul 08.00 WIB rektor beserta jajaran meninggalkan lapangan upaca, namun peserta upacara masih belum dibubarkan karena akan disuguhi atraksi  permainan miniature pesawat terbang dari anak- anak fakultas teknik selama 15 menit. Setelah pertunjukan tersebut barulah mereka di kembalikan kebarisan masing- masing, menunggu giliran untuk di bubarkan dan dipandu kembali menuju fakultas masing- masing.[]

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan