Thank's For

LPM UNTAN LAHIRKAN WARTAWAN KAMPUS dan PENYIAR RADIO


LPM UNTAN
LAHIRKAN WARTAWAN KAMPUS dan PENYIAR RADIO
Oleh Agustinah

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) adalah UKM yang bergerak dalam bidang jurnalistik. Melatih kamu-kamu yang tertarik untuk menjadi wartawan kampus dan penyiar radio. Sebelum menjadi LPM, dulunya UKM ini dikenal dengan nama Mimbar Untan (Miun) berdiri pada tahun 1984 berada dibawah naungan humas Untan. Berfungsi sebagai media wahana informasi dan kontrol sosial yang membahas permasalahan yang terjadi di seputar Untan dan masyarakat.   
Sebagai UKM yang bergerak dalam bidang jurnalistik LPM memiliki motto yaitu Kritis, Ilmiah, Religius dan Independen (KIRI). LPM Untan berupaya untuk membentuk mahasiswa yang kritis, berkepribadian dan berwawasan ilmiah. Produk yang dihasilkan berupa civitas 1-2 bulan sekali, informasinya berupa berita seputar Untan. Produk berikutnya yaitu tabloid yang terbit tiap semester yang informasinya berupa seputar Untan dan isu-isu diluar kampus yang berhubungan dengan masyarakat. Produk berikutnya yang tidak kalah penting ialah majalah yang terbit 1 tahun sekali.
Struktur organisasi LPM sama seperti UKM lain, jabatan tertinggi dipegang oleh ketua umum, dibawahnya bendahara, dan sekretaris. Selain itu terdapat beberapa divisi seperti divisi perbitan yang tugasnya memantau jalannnya terbitan agar tepat waktu. Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), bertugas untuk mencari kader yang berkualitas. Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang), yang tugasnya ialah melakukan berbagai riset baik untuk lembaga dan penerbitan. Berikutnya ialah divisi perusahaan yang bertugas untuk mencari subsidi lain selain subsidi yang diberikan oleh rektorat.
Kebutuhan akan informasi yang lebih besar, membuat LPM Untan membuat sebuah radio yang berdiri pada tahun 2002 yang dikenal dengan Untan Voice Radio (UV). UV bertujuan untuk menjadi tempat pengembangan ilmu pengetahuan. Mempunyai fungsi pendidikan, control sosial dan penyebar informasi sosial, agenda siarannya berbeda dengan radio komunitas, menekankan pada acara-acara pendidikan.
Saat pengkaderan awal, calon anggota akan dilatih teknik penulisan, bagaimana menjadi fotografer, dan penyiar radio, selanjutnya bila menjadi anggota, pelatihan tingkat lanjut, dimana anggota akan lebih dalam diajarkan menjadi wartawan kampus dan penyiar radio UV.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan