Thank's For

Fkom di Untan

Bangunan Program Studi Sistem Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura tampak masih dalam proses pembangunan, dilihat dari sisi depan.








Untan sebagai satu-satunya universitas negeri di Kalimantan Barat yang memiliki banyak jurusan terus berusaha untuk mengembangkan lagi kualitasnya di dunia pendidikan. Upaya pengembangan ini salah satunya ditunjukkan dengan direncanakannya pembentukan fakultas baru di Untan yaitu fakultas Ilmu Komputer. Rencana ini telah ditunjukkan dengan di dirikannya program studi di Sistem Komputer (Siskom) yang memang dipersiapkan untuk Fakultas Ilmu Komputer. Walaupun saat ini Siskom berada d
ibawah naungan fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) tetapi pada dasarnya Siskom memang diharapkan suatu saat nanti menjadi Fakultas Ilmu Komputer.
Kebenaran akan rencana dibuatnya fakultas ini ditunjukkan dari Nomor Induk Mahasiswa (NIM) mahasiswa Siskom yang dibuat berbeda dengan NIM mahasiswa Mipa. Tetapi, sampai saat ini belum ada kepastian kapan pembentukannya seperti yang dikatakan oleh sekretaris jurusan (sekjur) Siskom, Dedy Priyanto,St.Mt, “ Belum diketahui kapan pasti jadinya ilmu komputer, karena itu kebijakan semua pihak terutama senat universitas dan direktur universitas”.     “Selain itu untuk didirikannya fakultas ada syarat-syarat yang harus dipenuhi salah satunya harus ada minimal tiga atau dua prodi”, tambahnya.
Sementara ini proses pendirian fakultas belum diketahui sudah sampai mana, tetapi kalau untuk gedung kuliah sudah dibuat yaitu di samping Mipa dekat fakultas teknik. “Gedung yang dibuat walaupun di peruntukan pada siskom tetapi dari segi struktural masih dibawah naungan mipa karena masih satu fakultas” ujar Sekjur Siskom tersebut.
Berkaitan dengan kepastian dibuka Fakultas Ilmu Komputer, ditemui diwaktu istirahatnya mahasiswa Siskom mengatakan mereka berharap agar pendirian Fakultas ini bisa cepat terlaksana karena bagi mereka Siskom sangat berbeda dari Mipa sehingga harus bisa dikembangkan lagi. “ Harapan kami siskom mempunyai gedung sendiri, pengajar yang berkualitas dibidangnya, fasilitas yang memadai dan akreditasi” ungkap Oda dan Fiqi.
Kondisi perkuliahan yang baik yang sesuai dengan iuran yang dikeluarkan menjadi tuntutan mahasiswa siskom. Terutama gedung sendiri untuk melakukan pembelajaran dengan nyaman sehingga tidak perlu lagi menumpang di gedung mipa yang sudah sangat padat, seperti yang di ungkapkan fiqi “ Biarlah  duduk lesehan tanpa kursi di tempat sendiri itu akan lebih baik daripada menumpang di tempat orang”.
Luqman, ketua BEM Mipa menyatakan di bentuknya Fakultas Ilmu Komputer ini merupakan keinginan dan permintaan dari mahasiswa, dosen dan kepala jurusan Siskom yang bekerja sama dengan Teknik Informatika.  Hal ini didasarkan karena “Mahasiswa Siskom sangat mengharapkan tempat  untuk mereka dapat kuliah dengan baik, bahkan ada yang mengatakan mereka rela menyumbang agar Fakultas untuk mereka cepat terealisasikan dan ruang untuk mereka kuliah cepat selesai”,ujarnya.
Sementara itu,menurut Luqman sendiri  “Pembangunan dan perkembangan yang direncanakan untuk pembentukan Fakultas Ilmu Komputer ini dapat dibilang cepat. Karena dari pengajuan yang dilakukan pada tahun 2008,sekarang hasilnya sudah terlihat dan sudah hampir selesai” ujarnya. Berdasarkan informasi yang diketahuinya Pendanaan untuk pembangunan ini didapat dari bantuan Birokrat serta dari biaya pendaftaran Mahasiswa Baru Siskom dan Teknik Informatika Fakultas Teknik saat Daftar Ulang pertama.
Tetapi jika dilihat dari Fasilitas yang ada serta kesiapan Strukturalnya, pendirian Fakultas Ilmu Komputer belum bisa dalam waktu dekat ini. Seperti yang dikatakan Sekjur Siskom sebelumnya “ belum ada yang siap menjadi Dekan baik dari Prodi Siskom ataupun Teknik Informatika ”.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

apakah ini isi buku Prof.Dr.Uray Husna

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan