Thank's For

PRP Beri Terobosan Baru


Hari pendidikan yang jatuh pada tanggal 2 Mei telah terlewati. Orasi sana-sini dan tulisan-tulisan banyak dilakukan dari kalangan mahasiswa, organisasi pendidikan, dan LSM. Ada yang mengkritik anggaran pendidikan, ada yang mengkritik peran pendidikan, dan ada juga yang mengkritik hakikat pendidikan.
Banyak lagi isu-isu yang diangkat dalam mempertingati hari pendidikan nasional (Hardiknas).
Founding Father, yaitu Ki Hajardewantara sebagai pelopornya pendidikan. Menurutnya pendidikan memang merupakan hal yang menjadi kebutuhan setiap insan manusia. Pendidikan juga merupakan hal yang dapat mengangkat harkat dan martabat kehidupan manusia. Apalagi ada filosofi yang mengatakan bahwa “Pendidikan bukan untuk sekolah, tapi untuk kehidupan.” Adanya pelopor tersebut, sampailah pendidikan zaman sekarang yang benar-benar menjadi tolak ukur eksistensi terhadap manusia itu sendiri.
Momen Hardiknas tersebut dipandang berbeda dari mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan Universitas Tanjungpura (Fkip Untan). Mahasiswa Fkip Untan melakukan sebuah ajang untuk mengangkat potensi mahasiswa Indonesia umumnya dan mahasiswa Kalimantan barat khususnya. Ajang tersebut diberi gelar Pekan Raya Pendidikan (PRP).
PRP yang dilakukan setiap momen Hardiknas, merupakan salah satu program kerja dari menteri pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa Fkip Untan. PRP pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 14-17 Mei 2012. Persiapan demi persiapan dilakukan oleh pihak panitia dua bulan yang lalu. Panitia yang dibentuk untuk PRP 2012 ini diketuai Masrian. Mahasiswa Fkip Untan Prodi Biologi 2010.
Pada tahun ini PRP memberikan terobosan baru. “PRP pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya PRP memiliki banyak jenis perlombaan yang berskala kecil. Sekarang PRP memberikan terobosan baru, yaitu perlombaan hanya ada dua tapi berskala Nasional.” Kata Masrian selaku ketua panitia PRP 2012.
Adapun jenis perlombaan yang dilaksanakan oleh panitia ialah Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional. Perlombaan yang kedua, yaitu Debat Pendidikan yang berskala Kalbar. PRP pada tahun ini disambut baik oleh Dekan Fkip untan dan pihak manajemen Untan. “Dari Dekan sendiri mendukung, mendukung sepenuhnya. Karena melihat PRP yang berskala nasional. Bentuk dukungan berupa sarana dan prasana.” Ungkap Masrian, lagi.
Perlombaan PRP pada tahun ini menjadi sebuah pelajaran bagi Mahasiswa Kalbar dan pendidikan Kalbar. Pemenang lomba LKTI yang menjadi juara pertama adalah Universtas Brawijaya Malang, juara kedua Universitas Negeri Yogyakarta, dan juara ketiga Universitas Udayana Bali. Untuk Perlombaan debat pendidikan se-Kalbar. Juara pertama Himpunan pendidikan Kimia Fkip Untan, juara kedua English Student Assosation FKIP Untan, dan juara ketiga Himpunan mahasiswa pendidikan Fisika Fkip Untan.
Perlombaan PRP salah satu menjadi tanggung jawab Ketua BEM Fkip Untan 2011/2012, Bustamil Arifin, jurusan Ekonomi 2009. Melihat keadaan yang memprihatinkan sekaligus menjadi pembelajaran bagi mahasiswa yang ada di Kalbar. Ketua BEM FKIP Untan merespon sekaligus berpesan kepada Mahasiswa yang ada di Kalbar. “Berangkat dari pendaftaran saja banyak dari provinsi luar. Dari Untan sendiri hanya beberapa saja. Untuk mahasiswa Kalbar minat untuk nulis itu kurang. Pemenang perlombaan LKTI dari luar menunjukkan kalau Kalbar masih tertinggal dari yang lain. Mungkin inilah menjadi gambaran pendidikan Kalbar yang harus dibenahi dan bagaimana pemerintah menanamkan minat membaca karena jika kita membaca pasti akan belajar menulis. Bukan hanya pemerintah tapi kita semua.” Ujar ketua BEM FKIP Untan 2011/2012.
Dekan Fkip Untan memberi apresiasi positif kepada mahasiswa yang mengadakan perlombaan maupun kepada mahasiswa yang ikut serta dalam perlombaan PRP. “Hal itu saya tanggapi positif. Kita akui bahwa kualitas kita masih di bawah mereka. Hal ini yang berskala nasional, kita tidak melihat menang dan kalah yang penting dapat mengukur kemampuan kita. Kita harus belajar lebih giat lagi dan kedepannya harus lebih baik.” Kata Dr Aswandi.
Harapan demi harapan yang dilontarkan dari pihak FKIP Untan untuk kesuksesan PRP mendatang. Baik itu kesiapan panitia, keberlangsungan PRP, dan dorongan-dorongan dari birokrat kampus maupun birokrat Kalbar. Kepada mahasiswa Kalbar pun juga menjadi tonggak penting dalam citra Kalbar itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan