Thank's For

Dosenku Hilang


 
 Civitas Edisi 48


Oleh : Rizky Amaliah
Dosenku hilang, dosenku malang….mungkin itu kata-kata yang tepat untuk menggambarkan tentang salah satu dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang sampai sekarang belum kembali dari kuliah di Inggris. Jojor Ria Sitompul adalah dosen FKIP jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang kuliah S3 di Inggris belum kembali sejak tahun 1997.
Menurut Pembantu Dekan II FKIP Untan, Herkulana mengatakan bahwa tidak ada yang tahu dimana keberadaannya sekarang. Pihak fakultas sudah mengkonfirmasi masalah ini ke pihak keluarganya. Tetapi anehnya, pihak keluarganya pun tidak ada yang tahu dimana Jojor berada. Pihak fakultas juga sudah melakukan tindakan dengan membuat surat teguran yang maksudnya akan disampaikan kepada Jojor akan tetapi surat tersebut hanya sampai kepada keluarganya.

Sementara itu Herkulana mengatakan bahwa kesulitan pencarian disebabkan karena perbedaan Negara. Dia juga mengatakan bahwa ada beberapa informasi tentang keberadaan jojor. “Ada yang bilang bahwa bu jojor tidak lagi di Inggris tapi di Australia, ada juga yang sempat bertemu di Bandara Soekarno-Hatta tetapi tidak sempat berkomunikasi karena Jojor terlihat tergesah-gesah dan ada juga salah seorang dosen yang sempat berkomunikasi melalui email, tetapi setelah dari pihak fakultas mencoba untuk berkomunikasi lewat email tersebut, tidak pernah ada balasan dari jojor,” jelasnya. Hal ini tentunya sangat merugikan baik itu dari pihak universitas, fakultas maupun mahasiswa. Selain rugi biaya dan berkurangnya dosen, perkembangan akademik pun menjadi akibatnya. Karena ilmu-ilmu baru yang ia dapatkan disana tidak bisa diberikannya kepada mahasiswa. Jadi perkembangan akademik mahasiswa pun jadi terhambat.

 Herkulana juga mengatakan sekarang dosen di Untan tidak bisa seenaknya pindah baik yang baru maupun yang ingin sekolah. Dosen yang baru masuk dan yang ingin sekolah harus membuat surat pernyataan bahwa mereka tidak akan pindah selama waktu yang ditentukan. “Sekarang jangan harap dosen minta pindah, apalagi orang luar yang datang kesini hanya sebagai batu loncatan tidak akan bisa,”tuturnya.

Menurut Tajudin selaku Ketua UPT PPL dan sebagai salah satu dosen di FKIP Untan mengatakan sekarang dosen tidak bisa pindah karena tidak disetujui oleh Rektor Untan Chairil Efendy.

Salah seorang mahasiswa FKIP Untan program studi pendidikan bahasa Inggris angkatan 2008, Rio mengaku prihatin terhadap peristiwa ini walaupun dia tidak tahu siapa dosen tersebut, tapi menurutnya peristiwa ini menyangkut nyawa seseorang dan merugikan berbagai pihak. “ Peristiwa ini merupakan PR besar bagi FKIP agar lebih jeli terhadap masalah ini. Tetapi kita juga tidak bisa menilai bahwa pihak universitas atau pihak dosennya sendiri yang salah. Oleh sebab itu yang terpenting sekarang adalah terus mencari keberadaan dosen tersebut agar dapat mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi,” katanya.[]

Profile

Nama                                                   : Drs. Jojor Ria Sitompul, M. Edxxx
NIP                                                      : 131844117
Karpeg                                                 : E.853167
Tempat dan tanggal lahir                        : Pontianak, 30 Desember 1963
Jenis Kelamin                                        : P
Agama                                                 : Protestan
Gol                                                      : 3C
TMT                                                    : 1-10-1996
Jabatan                                                : L
TMT                                                    : 1-01-2001
Pendidikan/Bidang ilmu                         : Pendidikan Bahasa Inggris    :  1986  S1
   IKIP Jakarta
  Tessol                                    :  1993  S2 
   Univ Boston

5 komentar:

simon mengatakan...

Halo,

Nama saya Simon dari Sintang. Kebetulan saya tadi searc di Goole dengan kata kunci 'biaya kuliah bahasa inggris di UNTAN' dan akhirnya menemukan halaman ini.

Saya ada beberapa pertanyaan seputar kuliah Bahasa inggis di Universitas Tanjungpura:

1. Saya lulusan Fak Pertanian Univ di kota Sintang, berminat kuliah S1 Pendidikan bahasa inggris di Untan, apakah harus pakai ijasah SMA atau bisa pakai ijasah S1 Pertanian? Kalau bisa pakai ijasah S1, apakah ada mata kuliah yang pernah saya pelajari tidak perlu saya ambil lagi? misalnya MKDU?

2. apakah ada program kuliah extension, seperti sabtu-minggu saja atau kiliah padat 1 bulan sekali? mengingat masalah pekerjaan dan waktu.

3. berapa biaya kuliah (rata-rata) untuk pendidikan bahasa inggris per semestarnya, baik untuk yang s1 atau S2. (perkiraan kasarnya)

demikian pertanyaan saya, mohon informasinya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

UNTAN selalu jaya !!!

Salam jabat erat

Simon - sintang

LPM_Untan mengatakan...

Salam Pers Mahasiswa
Trimakasih telah mengunjungi Blog Kami
Untuk Nomor 1.
Kalau ada perjanjian antara Untan dan Universitas anda tentang Transfer Mahasiswa kemungkinan besar tidak perlu mengikuti MKU
Akan tetapi sobat sudah S1 maka sobat tidak bisa transfer melainkan kembali di Reguler B FKIP Prodi B. Inggris.
Untuk Nomor 2.
Di FKIP Untan ada Reguler B yang dulunya adalah Extensi, namun perkuliahannya Senin Sampai Sabtu, tergantung Mata Kuliah, kalau masuk baru maka wajib ambil 24 sks artinya setiap hari..tidak kuliah sabtu minggu saja.
Untuk No 3.
Untuk Persemester Reg B Pendidkan B. Inggris sekitar 2 Juta lebih, Untuk S2 sat ini hanya ada Program Admisnistrasi pendidikan, dan Program Pendidikan Ekonomi dan IPA..B. Inggris Belum Ada, dan biaya persemester sekitar 6 Juta Rupiah...
Terimaksih...

LPM_Untan mengatakan...

Untuk Info lebih Lanjut Hubungi 0853 476 74 666

simon mengatakan...

Trimakasih untuk informasi dan gambarannya. No HP dah saya catat, siapa tahu kalau ke Pontianak, bisa mampir ke Untan.

Sukses selalu untuk Untan

Salam Jabat erat

Simon - sintang
---------------

senirupa mengatakan...

Jojor RIa Sitompul menulis disertasi doktoralnya th 2007 di Warwick.

http://wrap.warwick.ac.uk/4107/1/WRAP_THESIS_Sitompul_2008.pdf

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan