Thank's For

SNMPTN Belum Maksimal


Tak terasa setelah melewati perkuliahan beberapa bulan kini tiba kembali pembukaan pendaftara Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Informasi demi informasi telah disebarkan diberbagai media baik media elektronik maupun media cetak. Penyelenggaraan SNMPTN memang berakar dari pemerintah pusat yang menjalar keberbagai daerah di Indonesia. 

Pendaftaran SNMPTN yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat melalui salah satu bank swasta, yaitu bank Mandiri. Calon mahasiswa perguruan tinggi negeri dapat mendaftar ke bank Mandiri dimana pun tempatnya asalkan masih dalam teritorial Indonesia. 

Untan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Kalimantan Barat telah melakukan berbagai usaha dalam penyelenggaraan SNMPTN ini. Berbagai aktifitas dilakukan, yaitu dengan menyebarkan informasi jauh sebelum pendaftaran, melalui panitia yang telah dibentuk terjun langsung ke berbagai sekolah yang ada di Kalimantan Barat, memberikan brosur, dan menempel spanduk.

“Kami menyebarkan informasi diberbagai daerah dengan menempel spanduk, terjun ke sekolah-sekolah di daerah Kalimantan Barat, brosur, dan buat posko pendaftaran calon mahasiswa di BAAK secara gratis. Ini kami lakukan inisiatif sendiri.” Kata Heri selaku ketua Panitia SNMPTN Untan 2012.

SNMPTN setiap tahunya memiliki ada batas ketentuan tahun kelulusan. Batas angkatan dari 2 tahun kebelakang sampai tahun mulainya SNMPTN, artinya pada tahun 2012, syaratnya calon mahasiswa yang lulus SMA tahun 2010, 2011 dan 2012. Tahun sebelum tahun 2010 sudah tidak bisa lagi. Adanya batas ketentuan ini membuat salah satu calon mahasiswa yang mendaftar asal Tayan, yaitu Novi tamatan SMA angkatan 2009 merasa dirugikann oleh pihak-pihak tertentu.

“Saya merasakan adanya diskriminasi dalam pendidikan. Mengapa orang-orang yang mau kuliah harus dibatasi. Saya juga kecewa pada pihak tertentu yang tidak memberikan informasi ketika saya melakukan transaksi pendaftaran SNMPTN. Menayakan angkatan saya, atau memberikan brosur, itu tidak ada.” Ujar Novi gadis Tayan.

Kasus ini langsung direspon oleh ketua panitia. “Kasus ini merupakan hal yang biasa terjadi setiap tahunnya seperti kesalahan foto, kesalahan nama, dan kesalahan angkatan. Ini merupakan kesalahan fatal dan tidak bisa lagi ditoleransi oleh pihak Untan. Coba tanyakan kepihak bank mandiri.” Ujar ketua panitia SNMPTN Untan 2012.

Kasus yang biasa terjadi setiap tahunnya ini memang dirasakan oleh Novi sangat merugikan. Uang pendaftaran hangus dan tak dapat diambil lagi. Mengadu ke pemerintah pusat mungkin tak didengar. Kasus yang sering terjadi seperti ini direspon kembali oleh Pihak Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Tanjungpura (BEM Untan).

“Kasus ini merupakan tanggung jawab Untan dan tanggung jawab kedua belah pihak karena kedua belah pihak saling berkaitan. Ini bukan masalah pusat karena ini masalah daerah dan kita malu jika permasalahan ini dilampar sana lempar sini.” Kata Wakil Ketua BEM Ishak Vito mahasiswa FKIP 2008.

Permasalah yang ada sekarang ini bukan permasalahan yang baru terjadi melainkan sering kali terjadi setiap tahunnya. Permasalahan yang sering terjadi haruslah menjadi pelajaran yang wajib kita pelajari untuk kedepannya. Baik pihak penyelengga SNMPTN maupun pihak bank yang bekerja sama, agar memperbaiki kesalahan untuk penyelenggaraan SNMPTN selanjutnya. Oleh: Tan Erwin dan Happi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan