Thank's For

Pemerintah kewalahan atasi penyelundupan TKI





Penyelundupan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) lewat agen tidak resmi (calo) makin marak. Panjangnya mata rantai importasi ini membuat pemerintah kewalahan mengatasi TKI illegal. Hal ini disebabkan calo enggan bekerja sama dengan pemerintah.
Menurut Marliten yang mengaku sering membawa TKI dari berbagai daerah, bergabung dengan pemerintah dalam menyalurkan TKI rumit dan mahal. ”Proses perizinan visa kerja dan paspor ke luar negeri sangat lama,mahal dan berbelit-belit,”katanya.
 Kepala Seksi Penyediaan dan Penggunaan Tenaga Kerja, Rajali, mengatakan untuk menjadi TKI memerlukan dana seni
lai 2.900.000 rupiah dengan lama ketentuan proses perizinan 3 bulan. “Uang itu sudah termasuk jaminan kesehatan dan asuransi,” katanya.
Marliten enggan disamakan dengan calo TKI. Karena TKI yang dibawanya sambil menjual pakaian dan emas dagangannya hampir setiap bulan ke Malaysia hanya sekitar 4-5 orang.   
”Mereka (TKI illegal_Red) minta keringan waktu dan biaya perizinan Visa dan paspor. TKI itu dibuat seolah-olah ingin jalan-jalan saja di Malaysia. Setibanya di Malaysia, mereka dikenalkan dengan orang atau instansi yang membutuhkan tenaga kerja,” ungkap mantan TKI ini.
Dulu Marliten juga seorang TKI illegal di Malaysia selama 5 tahun. Dikarenakan tuntutan profesinya yang rutin bolak-balik Indonesia-Malaysia membuat ia tahu seluk-beluk menjadi TKI dan mengenal orang sekitar.
”Belakangan ada warga yang ingin ikut dan minta dicarikan kerja di Malaysia. Awalnya saya membawa kenalan untuk bekerja disana, namun lama-kelamaan hingga saat ini, TKI yang saya bawa berasal dari berbagai daerah, ada yang dari Sambas bahkan ada yag dari Lombok,” ungkapnya.
Lain halnya dengan Muhammad Sahar. Salah satu pengawas agen TKI resmi asal Bekasi yang bekerja sama dengan PT. Orientasai Mahkota dengan membawa sekitar 59 TKI yang rata-rata lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan umur berkisar 17 tahun ke atas. Adapun tujuan penyaluran TKI-nya Malaysia, Brunai Darusalam dan Singapura.
“TKI yang akan saya bawa nanti ditempatkan, di sektor perkebunan, perusahaan pengalengan daging, hotel dan restoran. Sebelum diberangkatkan mereka diberikan pelatihan selama 4 bulan sebelum dokument-dokumen yang mereka perlukan dan akan dikontrak kerja selama 2 tahun,” katanya.
Rajali mengatakan, TKI baik resmi atau illegal ditangani oleh Badan Pelayanan, Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) yang bertugas memberi penyuluhan, pemahaman tentang tenaga kerja.
Para TKI seharusnya terlebih dahulu masuk balai latihan tenaga kerja yang sekarang dibangun di Entikong, Kabupaten Sanggau. Namun pelayanan satu atap tersebut disia-siakan calo TKI akibat kurangnya kesadartahuan akan pentingnya balai latihan kerja tersebut bagi kualitas kinerja TKI kedepannya. 
Sedangkan Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi hanya bertugas sebagai penyalur. “Saat ini ada 35 cabang yang menjadi penyelur tenaga kerja. Perusahaan resmi biasanya mengandeng pemerintah untuk mensosialisaikan masalah TKI,” katanya. Rajali berharap masayarakat yang ingin bekerja di luar negeri harus dengan prosedur dan peraturan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. []

2 komentar:

ibu karmila mengatakan...

Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

Unknown mengatakan...

assalamualaikum wr.wb,
saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada AKI JOYO WIJOYO atas bantuan AKI.
kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan AKI JOYO WIJOYO pula yang telah memberikan
angka ritual kepada saya yaitu 4 angka dan alhamdulillah langsung tembus. sekali lagi makasih ya AKI karna
waktu itu saya cuma bermodalkan uang 400 ribu dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual AKI JOYO WIJOYO
saya sudah bisa buka usaha yaitu BENKEL MOTOR/MOBIL dan TOKO SEMBAKO kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari
sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI JOYO WIJOYO di nomor hpnya: 082 322 214 909
ramalan AKI memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus atau silahkan anda buktikan sendiri...!!!

KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUMKAN DI INTERNET

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan