Thank's For

Sabtu Kuliah, Ancam Eksistensi Organisasi Kampus

Perkuliahan banyak mengalami perubahan baik dari waktu (jadwal) maupun mata kuliah. Hal ini menimbulkan beberapa masalah seperti perpindahan waktu kuliah, penambahan mata kuliah, pergantian dosen, dan tabrakan mata kuliah. Akibat dari beberapa masalah tersebut berimbas pada kegiatan-kegiatan di dalam kampus seperti pengkaderan anggota organisasi, dan kegiatan kampus lainnya. Adanya perkuliahan hari sabtu mengakibatkan kebingungan sebagian mahasiswa dan sebagian organisasi kampus dalam menentukan jadwal kampus. Akhirnya beberapa organisasi melaksanakan pengkaderan di hari minggu sebagai solusi untuk mempertahankan keberadaan/ kelangsungan hidup organisasi.
Hari sabtu merupakan hari pengkaderan anggota dan kegiatan bagi organisasi kampus serta hari pengembangan kreatifitas mahasiswa dan pada hari minggu sebagai hari untuk kegiatan pribadi dan kegiatan ringan lainnya. “Hari sabtu mahasiswa sudah melakukan pengkaderan dan hari minggu saatnya melaksanakan istiahat, cuci pakaian, dan potong rambut. Hal ini juga diminta oleh orang tua mahasiswa itu sendiri”. Ujar Achmadi, Pembantu Dekan III (PD III) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip). 
Saat menanyakan kepada ketua himpunan Mahasiswa program Biologi yang juga sampai sekarang masih bingung untuk melakukan kegiatan hari apa. “Kami bingung untuk melakukan pengkaderan hari apa, jika kami melakukan pengkaderan hari Sabtu, sudah dipastikan tidak bisa karena hari sabtu kami dari angkatan 2009 ada kuliah dan mahasiswa baru juga ada kuliah.” Ujar Desi angkatan 2009. Dihari sabtu, selain ada perkuliahan juga ada lagi kegiatan Pendidikan Karakter (Pendekar) sehingga untuk di Fkip, organisasi kampus menjadi sulit dalam mengambil keputusan dalam membuat kegiatan khususnya kegiatan pengkadera atau pendidikan keorganisasian.
Acaman keras didapatkan oleh himpunan mahasiswa yang melakukan kegiatan pengkaderan dihari minggu. “kita tidak diizinkan oleh Pak Achmadi untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut pada hari minggu, karena hari minggu adalah waktunya beristirahat dan boleh menggadakan kegiatan asalkan jangan di kampus. Himpunan kami juga di ancam hendak dibubarkan jika kami masih menyelenggarakan kegiatan tersebut”, ujar Nur Fitri, ketua Panitia Pengkaderan Calon Anggota Himpunan (PeCAH) dari program studi matematika tersebut.
Khusus untuk unit kegiatan mahasiswa (UKM) tidak dilarang untuk melakukan pengkaderan dihari minggu. “Untuk UKM yag ada di Fkip ini memang tidak dilarang dan kami persilahkan, seperti Gempar, paling yang ikut hanya 2 atau 3 orang saja dan untuk himpunan mahasiswa reguler B (Himreg B) kami beri kesempatan 1 bulan 1 kali dan itu saya pikir efektif”, tambah PD III Fkip.
Keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia Nomor 155 /u/1998 pasal 1, ayat I menyatakan bahwa  “Organisasi kemahasiswaan intra perguruan tinggi adalah wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi”. Dasar di atas mengamanatkan semua stake holder baiknya memberikan ruang kepada mahasiswa untuk berorganisasi dan bukan memberikan kesulitan dalam belajar berorganisasi seperti memaksakan kuliah dihari sabtu dan sebagainya.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan